Selasa, 29 November 2011

Hal yang harus dilakukan setelah mengistall ubuntu 11.10

Artikel ini merupakan artikel wajib yang harus ditulis oleh seorang blogger "Ubuntu" setelah dirilisnya Ubuntu yang terbaru, dalam kasus ini adalah Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Artikel ini bertujuan untuk memberi panduan kepada pemula di Ubuntu mengenai apa yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu. Pada bagian pertama, saya akan memberi tutorial bagaimana menginstal codec untuk memutar file MP3, DVD, serta menginstal plugin Flash Player agar kalian dapat menikmati video yang diunggah di YouTube dan semisalnya.


Memilih mirror dan repository penting
Tidak jauh berbeda dengan hal-hal yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 11.04 Natty Narwhal, memilih mirror dan repository penting merupakan hal yang seharusnya kalian lakukan setelah menginstal Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. Memilih mirror yang baik tentu saja akan membuat ber-"Ubuntu" semakin menyenangkan karena kalian dapat selalu up-to-date dengan aplikasi terbaru plus kecepatan Internet yang tidak begitu mengecewakan karena kita menggunakan mirror lokal yang berlokasi di Indonesia.







Sebagaimana yang bisa kalian lihat di atas, beri centang pada bagian Canonical Partner dan Independent kemudian klik tombol "Close" untuk menutup jendela.

Mengecek update
Ada baiknya kalian langsung melakukan update sesegera mungkin untuk memastikan kalian mendapat aplikasi yang terbaru (biasanya terdapat perbaikan dan penambahan fitur). Ketik perintah berikut di Terminal untuk mengecek dan melakukan update (jika ada):
1.sudo apt-get update  
2.sudo apt-get dist-upgrade  

Instal codec untuk memutar MP3, WMV dan plugin Flash
Setelah mengaktifkan repository Canonical Partner dan third party, ketik perintah berikut untuk menginstal codec serta plugin Flash:
1.sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras adobe-flashplugin adobe-flash-properties-gtk  

Menambahkan repository Medibuntu
Dengan menambahkan repository Medibuntu kita dapat menginstal aplikasi dan codec multimedia yang berfitur penuh seperti kemampuan untuk memutar DVD.
 
1.sudo wget --output-document=/etc/apt/sources.list.d/medibuntu.list http://www.medibuntu.org/sources.list.d/$(lsb_release -cs).list 
2.sudo apt-get --quiet update   
3.sudo apt-get --yes --quiet --allow-unauthenticated install medibuntu-keyring
4. sudo apt-get --quiet update   
5.sudo apt-get install app-install-data-medibuntu apport-hooks-medibuntu  

Menginstal codec untuk memutar DVD
Pastikan kalian sudah berhasil menambahkan repository Medibuntu, ketik perintah berikut untuk menginstal codec DVD:
  1. sudo apt-get install libdvdcss2  
  2. sudo /usr/share/doc/libdvdread4/./install-css.sh
 Menginstal Java
Jika kalian sering menggunakan aplikasi-aplikasi berbasis Java, maka kalian harus menginstal Java Runtime Environment (JRE) dengan mengetik perintah berikut:
  1. sudo apt-get install openjdk-7-jre  
 Berlanjut ke bagian Kedua

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management